Umroh Backpacker adalah salah satu solusi ibadah umroh dengan hemat dan banyak WNI (warga negara Indonesia) yang melakukan ibadah umroh dengan cara ini.  Akan tetapi, ada banyak hal yang harus anda persiapkan sebelum memulai umrah dengan cara backpacker baik itu sendiri, berdua atau bersama keluarga. Berikut informasi lengkapnya!

Apa itu Umrah Backpacker?

Umrah backpacker adalah cara menunaikan umrah secara mandiri, tanpa menggunakan agen perjalanan. Cara ini memungkinkan para calon jama’ah umroh untuk mengatur rencana perjalanan, transportasi, akomodasi, dan visa mereka sendiri, sehingga menawarkan pengalaman umrah yang lebih fleksibel dan berpotensi lebih hemat anggaran. Umroh backpacker juga akan lebih terasa dalam hal manfaat umroh karena perjalanan yang membutuhkan banyak persiapan.

Perbedaan Umrah Backpacker dan Travel Agent Umrah

Berikut tabel yang menguraikan perbedaan utama antara backpacker umrah dan agen perjalanan umrah:

Fitur Umrah Backpacker Agen Perjalanan Umrah
Perencanaan dan Rencana Perjalanan Sepenuhnya mandiri; dikelola oleh wisatawan Rencana perjalanan yang telah ditentukan sebelumnya yang ditawarkan oleh agen perjalanan
Fleksibilitas Tinggi; fleksibilitas untuk menyesuaikan rencana perjalanan Terbatas; modifikasi mungkin dikenakan biaya tambahan
Biaya Berpotensi lebih rendah; wisatawan dapat menemukan pilihan anggaran Umumnya lebih tinggi; layanan agen perjalanan termasuk dalam biaya
Permohonan visa Dikelola oleh wisatawan Dapat dibantu oleh agen perjalanan
Kemampuan bahasa Keterampilan bahasa Arab mungkin bisa membantu Kurangnya ketergantungan pada kemampuan bahasa Arab

Apakah Umrah Backpacker Aman?

Umroh backpacker bisa menjadi pilihan yang aman, namun memerlukan perencanaan dan penelitian yang matang. Berikut adalah beberapa tips untuk memastikan perjalanan backpacker umroh aman dan sukses:

  • Penelitian dan perencanaan: Teliti secara menyeluruh persyaratan visa, pilihan transportasi, akomodasi, dan panduan ziarah yang memiliki reputasi baik jika diperlukan.
  • Visa: Pastikan Anda memiliki visa yang sesuai untuk umrah. Meskipun peraturan dapat berubah, saat ini visa untuk ibadah umrah biasanya tidak diberikan kepada wisatawan Indonesia kecuali mereka melalui agen perjalanan umrah yang berlisensi.
  • Akomodasi: Pesan akomodasi Anda terlebih dahulu, terutama saat peak season. Pertimbangkan lokasi dan kedekatannya dengan tempat suci.
  • Transportasi: Biasakan diri Anda dengan pilihan transportasi umum di Arab Saudi, atau pertimbangkan untuk membeli kartu SIM lokal untuk aplikasi ride-hailing.
  • Keamanan: Waspada terhadap lingkungan sekitar Anda, berpakaian sopan, dan hormati adat istiadat dan hukum setempat.

Tips Umrah Backpacker Hemat

  • Akomodasi: Pilihlah hostel, wisma, atau kamar bersama untuk masa menginap yang hemat anggaran.
  • Transportasi: Manfaatkan transportasi umum atau pertimbangkan aplikasi berbagi tumpangan untuk menghemat biaya.
  • Makanan: Jelajahi kedai jajanan kaki lima dan restoran setempat untuk makanan terjangkau.
  • Perencanaan: Rencanakan rencana perjalanan Anda terlebih dahulu untuk menghindari keputusan di menit-menit terakhir yang mungkin memakan biaya lebih banyak.

Contoh Itinerary Perjalanan Backpacker Umrah 7 Hari

Ini adalah contoh rencana perjalanan; Anda dapat menyesuaikannya berdasarkan minat dan preferensi Anda:

  • Hari 1-2: Tiba di Madinah, mengunjungi Masjid Nabawi, menjelajahi situs bersejarah kota.
  • Hari ke-3: Perjalanan ke Makkah, menunaikan ibadah umrah jika memungkinkan.
  • Day 4-6: Focus ibadah Umrah Makkah, termasuk Tawaf, Sa’i, and Wuquf.
  • Hari 7: Berangkat dari Makkah atau Jeddah.

Cara Mendapatkan Visa Umrah Backpacker

Catatan Penting: Mulai tanggal 18 April 2024, WNI saat ini belum diperbolehkan menunaikan umrah secara mandiri dan harus melalui agen perjalanan umrah yang berizin.

Aplikasi Berguna untuk Umrah Backpacker

Berikut beberapa aplikasi yang berguna untuk backpacker umrah:

  • Panduan Haji dan Umrah oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi
  • Muslim Pro: Waktu Sholat, Alquran, Pencari Kiblat, dll.
  • Eatigo: Temukan dan pesan restoran dengan penawaran
  • Mata Uang XE: Konverter mata uang

Kesimpulan

Umroh backpacker dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat dan memperkaya bagi wisatawan dengan anggaran terbatas yang merasa nyaman dengan perencanaan mandiri. Namun, penelitian menyeluruh, perencanaan, dan kepatuhan terhadap tindakan pencegahan keselamatan sangatlah penting. Perlu diingat bahwa peraturan Indonesia saat ini mengharuskan jamaah untuk melalui agen perjalanan umrah yang berlisensi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda saat merencanakan perjalanan umrah Anda selanjutnya.